Berita

Dalam peta strategi Kementerian Perindusrian yang terdapat dalam Renstra 2015 – 2019, dinyatakan pengembangan kemampuan SDM yang kompeten merupakan salah  unsur yang diperlukan dalam pencapaian Visi Pembangunan Industri Nasional Jangka Panjang yaitu “Indonesia menjadi Negara Industri Tangguh Dunia pada Tahun 2025”.  Untuk menjadi negara industri tangguh maka diperlukan daya saing yang kuat, dan untuk mendorong daya saing industri, diperlukan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan industri luar negeri.

Rencana Strategis Balai Diklat Industri Jakarta 2010-2014 mengalami perubahan signifikan sehubungan dengan adanya reposisi peran Balai Diklat Industri sebagai UPT di bawah pembinaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian melalui Peraturan Nomor 09/SJ-IND/PER/10/2012. Program reposisi ini kemudian dikuatkan dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 40/M-IND/PER/4/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri yang baru. Hal yang paling signifikan dalam reposisi ini adalah perubahan tugas dan misi yang harus diemban oleh BDI Jakarta yang berubah menjadi lembaga diklat yang memiliki spesialiasi dan kompetensi di bidang Tekstil dan Produk Tekstil, serta harus menyelenggarakan diklat secara profesional dan berbasis kompetensi, serta berorientasi pada kebutuhan pasar. 

Kebijakan pengembangan SDM industri yang dituangkan dalam Renstra BDI Jakarta adalah sebagai berikut:

  1. Peningkatkan kompetensi SDM aparatur dan dunia usaha
  2. Terwujudnya sistem dan metode diklat yang berbasis kompetensi
  3. Terwujudnya standar kompetensi SDM bidang industri TPT
  4. Tersedianya fasilitas sarana dan prasarana pelatihan pada Balai Diklat Industri Jakarta
  5. Terkuasainya peluang pasar melalui kerjasama dengan pelaku industri
  6. Terwujudnya Balai Diklat Industri Jakarta sebagai lembaga pelatihan yang memiliki kompetensi dan spesialisasi di bidang Industri Tekstil dan Produk Tekstil

Dokumen lengkap Renstra BDI Jakarta dowonload disini

Kirim Komentar

Fasilitas komentar tidak disertakan.