Laman

Milestone Balai Diklat Industri Jakarta

  • 1981 (BDI Jakarta berdiri dengan nama Balai Latihan Industri (BLI) berlokasi di Sawangan, Depok)
  • 2001 (Berubah nama menjadi Balai Diklat Indag, setelah Departemen Perindustrian bergabung dengan Perdagangan)
  • 2006 (Berubah nama menjadi Balai Diklat Industri Regional III, berlokasi di Cikini, Jakarta Pusat)
  • 2008 (BDI Jakarta berpindah lokasi ke Balai Besar Kimia dan Kemasan, Pasar Rebo – Jakarta Timur)
  • 2014 (Reposisi dengan Spesialisasi Tekstil dan Produk Tesktil)
  • 2020 (Penambahan Spesialisasi dan Wilayah Kerja BDI Jakarta)

Balai Diklat Industri merupakan unit pelaksana teknis di bidang Pendidikan dan pelatihan industri yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri dimana Balai Diklat Industri mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi sumber daya manusia industri. Sebagai sebuah lembaga diklat, Balai Diklat Industri Jakarta sangat berkepentingan dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia industri melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian nomor 40/M-IND/PER/5/2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri.

Reposisi peran Balai Pendidikan dan Pelatihan Industri diatur dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Nomor 09/SJ-IND/PER/10/2012 dimana Balai Diklat Industri Jakarta pada memfokuskan pelaksanaan diklat pada spesialisasi dan Kompetensi di bidang Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). Namun seiring dengan kebutuhan SDM yang kompeten di industri lain dan roadmap (peta jalan) Industri 4.0 yang menetapkan 5 sektor prioritas untuk mendorong kinerja industri manufaktur dan pertumbuhan ekonomi kedepan sesuai dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) yang diatur dalam peraturan pemerintah No. 14 Tahun 2015, Balai Diklat Industri Jakarta menambah spesialisasinya sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Nomor 727 Tahun 2020 dengan tambahan spesialisasi pada industri makanan dan minuman, otomotif, logam, dan pengelasan pada wilayah kerja Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Lampung, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Struktur Organisasi Balai Diklat Industri Jakarta mengalami penyesuaian seiring dengan Penataan Kembali organisasi dan tata kerja Kementerian Perindustrian sesuai dengan peraturan Menteri Perindustrian nomor 7 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Perindustrian. Penyesuaian struktur organisasi saat ini yaitu Kepala Balai Diklat Industri Jakarta selaku Eselon III membawahi Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kelompok Jabatan Fungsional. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan organisasi dan tata kerja Kementerian Perindustrian yang lebih professional, efektif, dan efisien guna meningkatkan kinerja pelaksanaan tugas Kementerian Perindustrian beserta satuan kerja dibawahnya.

https://www.youtube.com/watch?v=ZqiFxXTQ2HQ

Kirim Komentar

Fasilitas komentar tidak disertakan.